Manfaat, Cara Menyimpan dan Mengupas Terbaik dari Jahe – Minum air jahe memberikan berbagai manfaat kesehatan, dan ramuan ampuh ini juga cukup mudah dibuat di rumah. Mari kita melihatnya secara rinci di bawah ini.

Jahe
Jahe

Apa Itu Air Jahe?
Menurut informasi terkini Air jahe bergantung pada akar jahe sebagai bahan dasarnya sesuai buku Zingiber officinale, Tanaman Obat Dunia, Volume 3. Akar telah lama digunakan dalam masakan internasional dan obat tradisional di banyak bagian dunia.

Untuk membuat air jahe, kupas akar jahe sepanjang 2 inci, potong-potong tipis-tipis, lalu tambahkan satu liter air dan rebus setidaknya selama sepuluh hingga lima belas menit. Setelah proses mendidih ini, saring potongan jahe keluar dari cairan.

Menambahkan lemon dan / atau madu adalah pilihan yang populer. Sebagai alternatif untuk merebus, campur jahe dengan air dingin dalam blender dan blender selama satu menit, lalu saring.

Bagaimana Cara Menggunakan Air Jahe?

Kebanyakan orang hanya minum cairan panas sebagai teh , atau mendinginkannya untuk minuman dingin dan menyegarkan. Jika rasa jahe terlalu kuat, encer campuran dengan air, tambahkan sedikit kelapa susu , atau campuran dalam jus lemon atau madu.

Minum secangkir teh jahe atau air adalah penggunaan yang paling umum dan sederhana, tetapi cairan tersebut juga dapat digunakan sebagai kaldu sup beraroma, atau bahkan sebagai air garam untuk makanan fermentasi , seperti asinan kubis atau acar .

Manfaat Air Jahe
Jahe telah menjadi makanan pokok pengobatan tradisional selama ribuan tahun, dan tonik yang kuat ini memberikan berbagai manfaat kesehatan yang masih dipercaya hingga saat ini!

Manfaat terbaik dari air jahe termasuk pencernaan yang lebih baik , peningkatan imunitas, mengurangi peradangan, dan penurunan berat badan . Ini juga membantu mengurangi peradangan.

Meningkatkan Pencernaan
Salah satu kegunaan air jahe yang paling efektif adalah untuk meredakan masalah pencernaan, termasuk mual, gas , kembung, gangguan pencernaan, dan mulas. Obat herbal ini juga dapat digunakan untuk meringankan gejala mual di pagi hari selama kehamilan.

Apakah Manfaat dari Air Jahe?

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Air jahe sangat populer sebagai obat dingin homeopati , karena memiliki sifat antioksidan dan antivirus yang dapat membantu melawan semua jenis penyakit, baik kronis maupun akut sesuai dengan makalah yang diterbitkan oleh Hiroe Kikuzaki dari Departemen Makanan & Gizi, Kota Osaka Universitas, Osaka, Jepang.

Mengurangi Peradangan
Zat antiinflamasi yang populer , air jahe dapat membantu meringankan gejala inflamasi yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi . Cairan yang kuat ini juga dapat mengurangi peradangan gusi, menenangkan rasa sakit wasir dan menenangkan perut.

Mengurangi Kram Menstruasi
Manfaat lain dari sifat anti-inflamasi dari minuman ini adalah dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan siklus menstruasi.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Beberapa penelitian medis baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes , sehingga menghindari lonjakan dan penurunan yang berbahaya.

Membantu Penurunan Berat Badan
Air jahe bertindak sebagai penekan nafsu makan dan dapat mengurangi rasa lapar dan mengidam. Ini juga dapat menurunkan tingkat penyerapan lemak ke dalam tubuh, yang membuatnya menjadi tambahan ideal untuk diet penurunan berat badan Anda.

Menurunkan Kolesterol
Ada beberapa bukti ilmiah bahwa jahe dapat mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mencegah perkembangan aterosklerosis .

Menghilangkan Rasa Sakit
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Shafina Hanim Mohd Habib dari Departemen Biokimia , sifat anti-inflamasi teh jahe juga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan otot, yang mengarah pada penghilang rasa sakit di semua area tubuh.

Efek Samping Air Jahe
Efek buruk dari minuman yang umumnya sehat ini sangat ringan, jika ada. Efek samping ini dapat meliputi:

  • Mulas
  • Gas
  • Diare
  • Keram perut

Cara Mengupas Dan Memarut Jahe

Mempelajari cara mengupas dan memarut jahe sangat penting bagi siapa saja yang secara teratur menambahkan bumbu tajam dan padat nutrisi ini ke dalam makanan mereka . Namun, mengingat eksterior jahe yang tidak biasa, banyak orang berjuang untuk mengupas dan memarut akar jahe mereka .

Bagaimana cara mengupas dan memarut jahe?

Sebelum memarut jahe, Anda harus memulainya dengan mengupasnya. Jika Anda berurusan dengan jahe segar, maka Anda bisa menggunakan sendok untuk menghilangkan lapisan tipis kulit . Cukup seret sendok, sisi melengkung ke bawah, melintasi daging jahe, menekan ke bawah dengan ibu jari Anda untuk menekan.

Jika jahe sebelumnya telah dipotong atau disimpan selama satu atau dua minggu, Anda mungkin perlu pisau pengupas untuk dikupas. Jika Anda pengupas yang ahli, Anda bisa mencoba menahan kenop atau bohlam di akar, tetapi jauh lebih mudah untuk memarut jahe setelah kenop ini dipotong.

Sekarang jahe Anda sudah dikupas, Anda bisa memarutnya dengan parutan keju , atau mengirisnya menjadi potongan-potongan kecil – korek api, batang korek api dll. Karena jahe sangat berserat , Anda mungkin memerlukan parutan yang lebih kasar untuk membuat penyok akar jahe. Parut langsung ke piring yang Anda siapkan, atau ke dalam mangkuk kecil untuk digunakan nanti.

Resep Teh Jahe Lezat Buatan Rumah

Secangkir teh jahe hangat adalah cara paling sehat untuk memulai hari Anda. Ini adalah obat untuk semua jenis penyakit, baik itu pilek , demam , atau sakit tenggorokan . Tepatnya, jahe teh adalah hangat dan menenangkan minuman yang menyediakan anti inflamasi , kekebalan tubuh -boosting dan detoksifikasi sifat. Ada beberapa cara untuk membuat minuman ini di rumah. Jadi tanpa menunggu lebih lama, mari kita mulai!

Mengetahui cara menyimpan jahe sangat penting jika Anda suka memasak dengan bahan yang kuat dan unik ini, terutama jika Anda berencana untuk membeli dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam waktu lama.

Cara Terbaik untuk Menyimpan Jahe

Ada beberapa cara untuk menyimpan jahe secara efektif, termasuk di dalam lemari es , di dalam freezer , di dalam toples, di dalam tas, atau bahkan direndam dalam cairan lain.

Kulkas
Jika Anda memiliki sepotong jahe mentah yang belum dikupas dan ingin menyimpannya selama beberapa hari hingga beberapa minggu, beli tas plastik pembungkus dan tempatkan jahe di dalamnya. Pastikan untuk memeras semua udara berlebih dan kemudian simpan tas di rak Anda, di tempat yang seharusnya menjaga jahe sesegar mungkin.

Jika Anda telah menggunakan beberapa jahe dan membiarkan sebagian akar dalam terbuka, bersihkan bagian akar itu dengan handuk kertas sebelum disimpan. Ini harus menjaga jahe segar hingga 3 minggu.

Baca juga : 6 Perawatan Keguguran Tanpa Kuret

Jika Anda menyimpan jahe parut segar, yang terbaik adalah membuat potongan jahe seukuran sendok teh dan kemudian bekukan sampai Anda perlu memasukkannya ke dalam resep! Ketika ini terjadi, umumnya akibat minum terlalu banyak air jahe atau mengonsumsi campuran yang terlalu kuat. Sebaiknya tanyakan kepada profesional medis jika ada efek samping ini.

Kategori: Kesehatan

@anton

konsultasikesehatanrsudalihsan.org memberikan informasi kesehatan dan tip kecantikan agar tubuh selalu sehat, kami juga memberikan info tentang kecantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *